Pijat Tradisional Membawa Banyak Manfaat Bagi Tubuh

2 min read

pijat tradisional

Lakukan Pijat Tradisional Ini di Rumah, Dan Rasakan Rileksnya.

Sebagai orang Indonesia pijat merupakan satu terapi atau pengobatan yang membudidaya. Pijat juga menjadi bahasa sentuhan. Hingga tiap merasa sakit di bagian tubuh tertentu kita akan secara reflek menyentuhnya, dan ini menjadi kekuatan awal dari sebuah pijatan. Dan pijat tradisional menjadi salah satu bagian dari bahasa sentuhan.

Kebanyakan masyarakat kita  mempercayai bahwa pijat bisa mengurangi rasa sakit di titik tertentu, bahkan mampu menyembuhkannya juga memberi efek rileks pada tubuh. Sehingga sebagian keluarga melakukan teknik pijat ini sendiri di rumah. Meskipun teknik pijat dewasa ini mulai menjamur, keberadaan pijat tradisional masih digandrungi.

Pijat tradisional atau juga dikenal dengan urut adalah  teknik memijat dengan cara memberikan tekan pada anggota tubuh dengan menggunakan tangan atau ibu jari. Pijat ini memfokuskan pada titik tertentu pada tubuh hingga titik itu merasa rileks. Dalam pijat tradisional biasanya, di titik tertentu diberi minyak urut,  body lotion, minyak zaitun atau pelumas lain supaya tekanan lebih lancar. Dan pijatan ini akan memperlancar aliran darah.

Pijat tradisional kebanyakan juga diberikan kepada orang-orang yang mengalami cidera seperti terkilir. Juga untuk mengurangi lelah sebab  rutinitas yang dilakukan bahkan mampu menanggulangi stres. Pijat tradisional ini bisa diberikan kepada segala jenis usia, mulai dari bayi hingga lansia. Berdasarkan penelitian di Universitas Miami, pijatan selama 15 menit terbukti mampu menanggulangi stres pada seseorang. Dan masyarakat kita juga menyakini bahwa seorang bayi yang dipijat akan memiliki kualitas tidur yang lebih bagus.

Pijat tradisional biasanya dilakukan oleh seorang ahli pijat yang bisa didatangkan ke rumah atau disambangi di tempat praktik. Namun, sebenarnya pijat tradisional sebagai proses relaksasi bisa kapan saja dilakukan di rumah dengan teknik yang mudah dipelajari.

Ada beberapa titik relaksasi yang bisa diberi sentuhan dengan pijat tradisional, dan titik ini merupakan bagian yang sering dikeluhkan oleh kebanyakan orang. Pijatan ini bisa mengurangi kelelahan juga rasa sakit yang menimbulkan efek rileks pada tubuh.

Lakukan pijatannya dan rasakan rileksnya. Titik itu di antaranya adalah:

  • Kepala

Kepala biasanya merasa pusing. Pusing   ini bisa muncul sebab kurang tidur, maupun kelelahan. Dan kala pusing itu muncul, kita bisa malakukan pijat sendiri di area yang berhubungan dengan kepala.

Pijat dengan sedikit tekanan di area yang terletak diantara ibu jari dan telunjuk. Tekan hingga timbul sedikit rasa sakit, tahan selama 10 detik dan lepaskan. Ulangi gerakan ini kemudian putar searah jarum jam. Ulangi kembali tekniknya di tangan sisi lain.

Selain melakukan pijatan di tangan, untuk menangi pusing kita juga bisa memijat area tengkuk dengan menggunakan tangan. Tekan beberapa detik dan lepaskan. Pijatan ini disinyalir bisa mengurangi migrain.

Cara yang paling familiar dilakukan banyak orang dalam menanggulangi pusing adalah dengan memijat area pelipis. Pijatan tradisional yang diaplikasikan adalah dengan gerakan mengurut atau memutar menggunakan ibu jari.

  • Mata

Sering merasa mata lelah karena terlalu lama melihat layar komputer atau handphone? Kamu bisa melakukan pijat tradisional untuk mengurangi lelahnya.

Caranya dengan menekan alis dengan ibu jari, bermula dari ujung alis yang berdekatan dengan hidung kemudian tarik hingga pelipis, beri sedikit tekanan di area ini.

Pijatan lain yang bisa dilakukan adalah dengan memijat area bawah ujung mata, letaknya dekat dengan hidung. Tekan beberapa detik dan lepaskan.

Bisa juga memijat dengan ditarik dari arah dalam mata bagian bawah menuju arah luar. Jika dirasa sakit kita bisa memberi minyak zaitun atau sejenisnya supaya tarikan ketika memijat tidak terasa sakit.

  • Leher

Area leher terkadang terasa pegal, kaku maupun tegang. Keadaan  ini bisa ditimbulkan karena salah posisi tidur maupun sebab terlalu tegang saat bekerja.

Saat mengalami ini kamu bisa melakukan pijatan tradisional yang mudah dilakukan. Yakni, dengan cara mencari titik yang kaku, gunakan tangan sesuai dengan sisi yang sakit. Kemudian tekan menggunakan ibu jari, dan urut dari bawah ke atas. Ulangi gerakan ini hingga 10 kali atau hingga leher terasa lebih baik.Gerakkan leher kearah berlawan dari sisi yang terasa kaku. Rasakan apakah lebih rileks?

Nah, pijat tradisional ini bisa diaplikasikan di rumah maupun di sela-sela jam kerja, tidak membutuhkan waktu lama dan rasakan rileksnya. Selamat mencoba.

Avatar

2 Replies to “Pijat Tradisional Membawa Banyak Manfaat Bagi Tubuh”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *